The Unpredictable 2013

2013 akan berakhir dalam hitungan jam, dan seperti pada pergantian tahun biasanya, semua orang akan asik berbicara mengenai apa saja yang telah terjadi di tahun itu, tak terkecuali untuk para pecinta sepakbola. Mereka akan sibuk membahas momen-momen penting di sepanjang tahun yang pantas untuk dikenang. Namun dari semua momen tersebut, ada beberapa momen penting yang sebetulnya tidak terprediksi oleh khalayak umum. Momen-momen tersebut lantas mengagetkan para football lovers yang (mungkin) sama sekali tidak memikirkan momen-momen tersebut akan terjadi di 2013. Here are the 7 unpredictable moments in 2013:

1. Kiprah gemilang Borussia Dortmund

Kejutan pertama datang dari turnamen antar-klub paling akbar di seantero Eropa, UEFA Champions League. Bukan Bayern Munich yang membuat kejutan dengan keluar sebagai kampiun, namun kipah Borussia Dortmund-lah yang mengundang decak kagum para pecinta sepakbola. Die Borussien (julukan Dortmund) memang sukses menjadi juara di Liga Jerman edisi 2011-2012, namun dengan pengalaman minim di Eropa, siapa yang menyangka skuad arahan Jurgen Klopp ini sanggup melaju hingga babak final? Dimulai dengan menjadi juara grup di babak penyisihan dengan memaksa Real Madrid menjadi runner-up, wakil Jerman ini berturut-turut menghempaskan Shakhtar Donetsk, Malaga, dan Real Madrid (lagi) di fase knock-out untuk dapat sampai ke partai puncak. Namun apa daya, Dortmund gagal menambah koleksi gelar UCL mereka menjadi 2 setelah dikalahkan oleh sesama wakil Jerman, Bayern Munich.

1

 2. Keputusan pensiun Sir Alex Ferguson

Kabar duka datang dari Inggris. Manajer hebat nan jenius yang telah lebih dari 20 tahun malang melintang di persepakbolaan Inggris akhirnya resmi memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Ya, Sir Alex Ferguson resmi pensiun sebagai manajer Manchester United di bulan Mei 2013 setelah berhasil membawa Setan Merah merengkuh gelar Liga Inggris yang ke 20. Dengan total 38 gelar yang diberikan buat Manchester United, diantaranya 13 gelar liga, 4 piala liga, 5 piala FA dan 2 gelar UCL, rasanya sangat pantas bagi Fergie untuk dinobatkan sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia.

SAF

 3. Wigan rengkuh trofi Piala FA

2013 tentu tidak akan dilupakan oleh para suporter Manchester City. Setelah gelar Liga Inggris direbut oleh tim tetangga, gelar Piala FA-pun harus raib setelah di babak Final yang dihelat di Wembley Stadium mereka menyerah 0-1 atas Wigan Athletic. Gol tunggal Ben Watson pada stoppage time sukses membawa City puasa gelar di 2013. Wigan sendiri berhasil membuat sejarah dengan menjadi satu satunya tim yang berhasil menjuarai Piala FA dan turun kasta alias degradasi pada musim yang sama.

Wigan

 4. Mega transfer Gareth Bale ke Real Madrid

Kepindahan bintang muda asal Wales ini memang sudah diprediksi oleh banyak pihak setelah penampilan memukau bersama Tottenham Hotspurs di musim 2012-2013, dimana Bale juga sukses meraih gelar pemain terbaik liga. Namun tak disangka transfer pemain kidal ini sanggup menyedot perhatian dunia karena sukses memecahkan rekor transfer CR7! Rilis resmi terkait jumlah uang transfer memang tidak dikeluarkan oleh kedua belah pihak, baik Spurs maupun Madrid. Namun media-media spanyol meyakini bahwa untuk membawa Bale ke Santiago Bernabeu, Florentino Perez harus membayar mahar tak kurang dari 100 juta euro! Pro dan kontra tentu mengiringi kepindahan Bale ke ibukota Spanyol, dan hanya waktu yang dapat menjawab kepantasan seorang Gareth Bale dihargai semahal itu.

Gareth Bale

 5. Terpuruknya AC Milan

Di semester pertama 2013, Milan menunjukkan performa yang luar biasa di Serie-A. Setelah sempat tertatih-tatih di awal musim, Milan mampu bangkit di paruh kedua dan menyelesaikan liga dengan bertengger di peringkat ketiga. Namun di semester kedua, Milan kembali menunjukkan performa buruk. Walaupun mengawali musim 2013-2014 dengan minim transfer, tak ada yang memprediksi Il Diavolo Rosso akan bertengger di peringkat 13 klasemen sementara Serie-A dengan hanya mengumpulkan 19 poin dari 17 laga! Si Merah Hitam tentu sedang menghadapi masalah yang besar, dan sulit rasanya untuk melihat mereka melakukan comeback seperti yang berhasil mereka lakukan pada tahun sebelumnya.

5

 6. Erick Thohir akuisisi Internazionale Milan

Siapa yang menyangka orang Indonesia mampu membeli sebuah klub raksasa Eropa? Erick Thohir mewujudkan itu pada Oktober 2013 dengan mengambil alih raksasa Italia, Inter Milan dari tangan Massimo Moratti yang memiliki saham mayoritas sekaligus menjadi presiden klub selama 18 tahun terakhir. Thohir diyakini membeli 70% saham Inter dari Moratti dengan harga tak kurang dari 300 juta euro. Menarik untuk melihat kiprah Erick Thohir dalam membangun ulang Inter Milan yang sedang dalam masa transisi.

7

 7. Kesuksesan Garuda Muda

Momen ini mungkin tak terdengar sampai ke penjuru dunia dan tidak diperbincangkan oleh para fans sepakbola di Eropa, namun kesuksesan Timnas Indonesia U-19 ini adalah suatu hal langka dan layak dikenang oleh 250 juta rakyat Indonesia. Keberhasilan anak-anak muda besutan Indra Sjafri menjadi juara di Piala AFF U-19 dan mampu lolos ke babak final Piala Asia U-19 sebetulnya tidak diprediksi, mengingat polemik yang terjadi di PSSI dan carut-marutnya situasi sepakbola nasional. Namun, dengan kerja keras dan dukungan penuh suporter, Garuda Muda berhasil membalikkan semua prediksi. Kita semua tentu menaruh harapan besar pada Evan Dimas dkk.

8

Sekarang semua mata pecinta sepakbola tertuju pada 2014, akankah kejutan-kejutan kembali terjadi? Atukah semua prediksi yang dibuat oleh para pengamat sepakbola yang akan berubah menjadi kenyataan? Mari sama-sama melihat dan menyimak sembari menunggu jawaban dari pertanyaan tersebut terjawab dengan sendirinya pada tahun depan.

About Aditya Putrawan 16 Articles
A die hard football fan who always prefer enjoying the beauty of football at the weekend instead of anything else. If you wanna talk about football for hours, then luckily you just found your man.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*