Hasil Kongres Luar Biasa PSSI 2013

Kongres Luar Biasa PSSI

Seperti yang telah kita ketahui, FIFA memberikan tenggat waktu hingga 20 Maret 2013 untuk penyelesaian dualisme liga dan timnas Indonesia. Beruntung, Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang dilaksanakan di Jakarta, pada Minggu, 17 Maret 2013, berhasil membuahkan hasil.

Kongres luar biasa tersebut membahas empat agenda penting sepak bola Indonesia, yaitu penyatuan liga, revisi statuta PSSI, pengembalian empat anggota Eksekutif Komite dan penyelenggaraan kongres menurut KLB Solo 2011.

Penyatuan liga menjadi hanya Indonesian Super League (ISL) akan dimulai musim 2014, dengan PT Liga Indonesia sebagai pelaksana. Delapan belas klub ISL dan 4 klub teratas IPL memiliki hak untuk turut serta dalam ISL musim 2014. Empat klub ISL akan terdegradasi dan hanya dua klub yang berhak naik divisi pada setiap akhir musim di dua tahun pelaksanaan ISL (2014 dan 2015), sehingga pada tahun 2016 jumlah klub yang bermain di ISL hanya berjumlah 18. Setelah 2016, mekanisme ISL akan dikembalikan seperti semula, dengan 3 klub terdegradasi dan 3 klub naik divisi di setiap akhir musim.

Peserta kongres juga memutuskan untuk merevisi sejumlah pasal, terutama terkait jumlah Komite Eksekutif PSSI dan syarat pelakasanaan KLB PSSI. Jumlah Komite Eksekutif PSSI ditambah hingga menjadi 15 dari 11. Kongres juga mengangkat kembali 4 orang Eksekutif Komite yang sempat dipecat, dan menetapkan La Nyalla Mattalitti sebagai wakil ketua umum PSSI.

Meski sempat diwarnai kisruh dan walk out oleh beberapa Eksekutif Komite, namun perwakilan FIFA yang hadir dalam penyelenggaraan KLB PSSI tersebut menilai kongres luar biasa ini sukses.

Sumber gambar dari sini.

About bolarena 12 Articles
Kirimkan tulisanmu ke admin[at]bolarena[dot]com!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*