Rangkuman Match Day 5 UCL 14/15

Liga Champions musim 2014/2015 telah menyelesaikan pertandingan pekan kelima pada Kamis dini hari. Sebelas dari 16 tiket fase gugur sudah bertuan; Arsenal, Atletico Madrid, Barcelona, Bayer Leverkusen, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Chelsea, PSG, FC Porto, Real Madrid dan Shaktar Donetsk tertulis di lembar-lembar tiket itu. Lima lagi masih diperebutkan pada pekan terakhir fase grup yang akan digelar tanggal 9 dan 10 Desember mendatang. Ada beberapa hal menarik yang tersaji setelah pekan kelima ini berakhir.

Di grup H, memang tak ada lagi tiket yang diperebutkan. Dua tiket 16 besar sudah menjadi milik Porto dan Shakhtar Donetsk. Athletic Bilbao yang diharapkan bisa menjadi tim yang diperhitungkan di grup ini nyatanya kalah saing dari wakil Portugal dan Ukraina tersebut. Yang menarik justru datang dari tim juru kunci, BATE Borisov, yang memiliki selisih gol terburuk dari 32 kontestan Liga Champions musim ini, yaitu minus 21. Klub dengan selisih gol terburuk kedua ditempati wakil Turki, Galatasaray, dengan torehan minus 12.

Beralih ke grup G yang masih menyisakan satu tiket fase knock out, Chelsea secara luar biasa menghancurkan Schalke 04 lima gol tanpa balas di kandang mereka, Veltins Arena. Gol-gol dicetak oleh John Terry di menit ke-2, Willian, gol bunuh diri Jan Kirchhoff, Didier Drogba, dan ditutup oleh gol Ramires. Sebuah hasil yang diluar dugaan mengingat pada pertemuan pertama mereka berhasil menahan imbang The Blues 1-1 di Stamford Bridge. Setelah pertandingan tersebut beredar guyonan yang menyebut klub Jerman tersebut dengan Schalke 05. Kini tim yang diasuh Roberto Di Matteo tersebut harus saling bunuh dengan Sporting Lisbon di pekan terakhir untuk satu tiket 16 besar.

Sama seperti grup H, di grup F dua tiket fase gugur sudah didapat Barcelona dan tim kaya dari Perancis, PSG. Bahkan jarak poin di grup ini lebih jomplang. Poin 2 yang dimiliki Ajax yang menghuni peringkat 3, terpaut sangat jauh dari dua tim teratas, yakni PSG dengan 13 poin dan Barcelona dengan 12 poin.

Sementara di grup E, Manchester City akhirnya meraih kemenangan perdana setelah mengatasi 10 pemain Bayern dengan skor 3-2. Sergio Aguero menjadi bintang dengan hattricknya sekaligus membuka peluang City melaju ke babak selanjutnya. Di pertandingan lain, AS Roma yang unggul sejak akhir babak pertama lewat Francesco Totti harus rela hanya mendapatkan satu poin setelah tuan rumah CSKA Moscow menyamakan kedudukan melalui Vasili Berezutski di akhir laga. Di papan klasemen, Bayern digdaya dengan perolehan 12 poin meninggalkan tiga tim dibawahnya yang sama-sama meraih lima poin. Jarak tujuh poin ini sama dengan yang terjadi di Bundesliga, dimana Die Roten diikuti Wolfsburg di posisi dua dengan raihan 23 poin.

Di grup D, dua tiket 16 besar sudah diamankan oleh Borussia Dortmund dan Arsenal, pekan terakhir hanya akan menentukan siapa yang akan menjadi juara grup karena tiket Europa League pun sudah didapat Anderlecht. Galatasaray seperti yang telah disinggung di atas, menjadi tim terburuk kedua dalam perolehan selisih gol. Tim asuhan Cesare Prandelli ini pun terdampar di posisi juru kunci karena hanya mampu meraih satu poin dari lima pertandingan yang telah dijalani.

Grup C boleh dibilang menjadi grup yang paling sengit. Pada pekan kelima, Zenit mampu mengalahkan Benfica sementara Bayer Leverkusen kalah dari Monaco di kandang sendiri. Walaupun kalah, Leverkusen tetap memastikan lolos ke 16 besar. Klub Jerman tersebut memastikan tiket 16 besar dengan hanya mengoleksi sembilan poin. Terminim dari 8 juara grup lain. Dibawahnya berdiri Monaco dan Zenit St. Petersburg dengan masing-masing delapan dan tujuh poin. Meskipun hanya berselisih dua poin dengan peringkat tiga, poin Leverkusen tidak akan terkejar karena pada pertandingan terakhir penyisihan grup, Zenit akan bertemu Monaco yang menghuni peringkat dua.

Real Madrid menjadi satu-satunya tim yang meraih poin sempurna. Mereka memiliki poin 15 dari lima laga yang telah dijalani. Posisi runner up di grup B masih menjadi rebutan tiga tim, yaitu Basel, Ludogorets, dan pemegang lima gelar juara UCL, Liverpool. Bagi Liverpool, hasil imbang melawan Ludogorets melanjutkan tren negatif mereka di liga lokal yang tak pernah menang dalam empat laga terakhirnya. Sementara bagi Ludogorets, masih terbukanya kesempatan melaju ke fase gugur merupakan sebuah kejutan besar mengingat status mereka sebagai debutan dan berada satu grup dengan tim kuat macam Real Madrid dan Liverpool.

Di grup A, Atletico Madrid memastikan posisinya di 16 besar setelah menggulung wakil Yunani, Olympiakos 4-0 dimana tiga dari empat gol yang tercipta diciptakan oleh stiker mereka Mario Mandzukic. Sementara tim raksasa Italia, Juventus masih harus menunggu pertandingan terakhir untuk menentukan apakah mereka atau Olympiakos yang akan maju mendampingi Atletico.

Menarik dinanti apakah tim-tim besar seperti Manchester City, Juventus, dan Liverpool akan lolos dari fase grup? Atau justru Ludogorets yang mencetak sejarah dengan maju ke fase gugur untuk pertama kalinya.

[author image=””]Gangan Januar (@gangan_januar) – Bapak (baru) satu anak. Penggemar Chelsea regional layar kaca.[/author]

About bolarena 12 Articles
Kirimkan tulisanmu ke admin[at]bolarena[dot]com!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*