Kedatangan Neymar Membawa Tumbal

Kedatangan Neymar ke klub Catalan, Barcelona, membawa para cules masuk ke dalam imajinasi yang sempurna. Duet Neymar dan Lionel Messi diyakini akan menambah daya serang Barcelona. Hingga kini, 111 gol diciptakan Barcelona di La Liga. Dengan Neymar, entah berapa gol yang akan dicetak Barca di musim depan.

Namun demikian, kedatangan Neymar bisa dikatakan membuat was-was para penyerang Barcelona yang lain. Di musim ini, nama-nama seperti David Villa, Alexis Sanchez, Pedro dan Cristian Tello bergantian menemani Messi di lini depan Barcelona. Pembelian Neymar memang bukan tanpa alasan. Total gol yang dicetak Villa, Pedro, Sanchez dan Tello hanya 31 gol untuk Barcelona, sedangkan Messi seorang diri, menciptakan 46 gol untuk Barcelona.

Dengan skema permainan 4-3-3, Barcelona memiliki gaya permainan yang menyerang. Tiga jendral lapangan yang diisi Iniesta, Xavi dan Busquets tak akan tergantikan di posisi tersebut. Sedangkan di lini depan, sudah dipastikan Messi dan Neymar akan menempati posisi depan dari 3 tempat yang tersedia. Dengan begitu, masih ada satu tempat untuk mengisi lini depan Barcelona musim depan.

Selain membawa tumbal untuk pemain depan lain, permainan Barcelona pun otomatis akan mengalami perubahan sesuai gaya dan karakter pemain tersebut. Di bawah ini adalah beberapa skenario yang akan dimainkan lini depan Barcelona musim depan:

Pedro-Neymar-Messi

Neymar sejatinya bukan penyerang murni yang selalu menuggu datangnya bola di area kotak pinalti lawan. Posisi Neymar lebih tepat disebut second striker atau penyerang kedua. Namun demikian Neymar juga biasa di tempatkan di posisi penyerang sayap, khususnya di posisi kiri.

Messi yang akan mengisi posisi second striker Barcelona, tak mungkin posisinya tergeser oleh Neymar. Dengan demikian, Neymar akan menempati, posisi penyerang kiri Barcelona. Namun lagi-lagi, Pedro yang biasa di tempatkan di posisi tersebut, harus rela memberi posisinya kepada Neymar agar bisa memberikan permainan maksimal. Atau mungkin Neymar akan mencoba posisi baru sebagai poacher atau goal-getter untuk Barcelona?

Villa-Neymar-Messi

Skenario ini adalah mungkin yang paling ideal. Posisi dan gaya permainan yang berbeda membuat lini depan Barcelona akan sulit ditebak. Neymar akan memerankan peran sebagai flank kiri di tubuh Barcelona. Sedangkan Messi lagi-lagi menjadi second striker untuk Barcelona. Dan David Villa di tempatakan sebagai ujung tombak blaugrana.

Villa yang memang memiliki tipe sebagai goal-getter, akan membuat konsentrasi pemain-pemain bertahan hilang dengan pergerakannya di area kotak pinalti lawan. Ini yang akan membuat leluasa Neymar dan Messi untuk melakukan manuver-manuver ajaib dari luar kotak penalti. Namun, isu kepindahan Villa ke beberapa klub-klub, khususnya Tottenham Hotspurs, membuat skenario ini bisa saja tak terealisasi.

Sanchez-Neymar-Messi

Sama halnya seperti Villa, gaya permainan Sanchez membuat lini depan Barcelona lebih bervariasi. Sanchez yang bisa bermain sebagai penyerang murni dan juga penyerang sayap, akan menambah kolaborasi nan ciamik di lini depan Barcelona. Sebenarnya Villa pun bisa di mainkan menjadi penyerang sayap, khususnya posisi kiri. Ini yang menyebabkan Villa akan bentrok dengan Neymar yang acap kali bermain di posisi tersebut.

Berbeda dengan Villa, Sanchez lebih dominan bermain di posisi penyerang sayap kanan ketimbang sayap kiri. Ini yang menjadi kan permainan Barcelona akan mengalami perubahan saat bermain. Sanchez bisa kadang menjadi poacher yang hanya menunggu bola di area kotak pinalti lawan, atau berusaha membuka dan menarik pemain belakang untuk keluar area kotak pinalti dengan memainkan posisi penyerang sayap kanan Barcelona.

Dengan dana besar sekitar 54 juta euro, lebih baik Barcelona membenahi lini belakang yang menjadi sorotan di musim ini. Kedatangan Neymar membawa tumbal untuk penyerang muda berbakat semacam Tello. Dan mungkin juga penyerang veteran David Villa. Namun ekpektasi Neymar untuk menghibur publik Camp Nou amat di nantikan. Dan kita lihat saja, sebanding kah dana yang dikeluarkan Barcelona untuk Neymar dan pengorbanan penyerang-penyerang tersebut?

About Ibnu Sina Meliala 27 Articles
A man, who has spent his entire life, so far, wasted with mostly watching and playing football. Not until recently he realized that he should try writing and make a living out of football. You will definitely love him.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*