Haruskah Sebelas Pemain?

Barbarians, seringkali kita menikmati sebuah permainan baik itu sebagai hobi maupun profesi, tapi terdapat sebuah kenyataan yang menarik yang bisa kita simak dari perilaku ini. Ok, tak perlu berbelit-belit. Barbarians semua suka dan cinta dengan sepakbola, tapi tak banyak yang mengetahui apa itu sepak bola. Banyak yang tahu sepak bola hanyalah sebuah permainan yang dimainkan dengan menggunakan bola yang kemudian ditembakan ke gawang musuh, dan tak banyak pula yang ingin mengetahui semua titik-titik awal sepak bola, banyak yang hanya tahu dan ingin mengikuti perkembangan transfer pemain atau mungkin gosip-gosip lingkup pemain bola. Sekarang saya mau tanya ke Barbarians, kenapa jumlah pemain dibatasi hanya 11 pemain untuk masing-masing tim di sepak bola? Kenapa tidak 10 atau mungkin 6, atau 15? Kenapa harus 11 pemain? Pasti di kepala Barbarians pernah terbesit pertanyaan seperti itu.

Pertanyaan diatas bisa dijawab dengan dua jawaban, secara reasoning dan symbolic. Tapi untuk menjawab pertanyan itu alangkah baiknya kita mengulas sedikit tentang luas lapangan sepakbola, karena hal ini mempunyai hubungan erat dengan jawaban untuk pertanyaan kenapa 11 pemain?

Luas Lapangan Sepak Bola

Sebelum era 1870-an, sepak bola dimainkan tanpa peraturan. Bahkan, permainan ini bisa dianggap sebagai campuran permainan kaki dan tangan karena pada masa itu diperbolehkan untuk membawa bola layaknya permainan rugby. Ditambah lagi, tak ada standar luas lapangan yang dipakai untuk bermain, seberapa luas lapangan yang ada, permainan sepakbola dimainkan.

Orang-orang pun menyadari bahwa luas lapangan harus distandardisasi, yang kemudian turunlah peraturan yang menetapkan luas lapangan sepakbola berkisar kurang lebih panjang 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Saya yakin, dikepala Barbarians sekarang terlintas satu pertanyaan seperti ini “kalau begitu kenapa luas lapangan sepak bola harus panjangnya 100-120 meter dan lebarnya 65-67 meter?”.

Pertama, ukuran luas lapangan diatas dipercaya sebagai ukuran yang sesuai untuk membantu para penonton dengan jumlah sebanyak apapun supaya mendapatkan pandangan,penglihatan, dan gambar yang bagus ketika menonton pertandingan.

Kedua, ukuran ini sesuai agar gawang tak mudah dijangkau atau diserang tembakan-tembakan yang diluncurkan dari ujung lapangan. Dengan ukuran ini, pemain juga mendapatkan ruang untuk bergerak, baik untuk menerima bola maupun mengkontrol bola.

Ok, sekarang kita kembali ke pembahasan utama kita, kenapa 11 pemain?

Haruskah 11 Pemain?

Seperti apa yang saya katakan sebelumnya, pertanyaan ini bisa jawab dengan dua jawaban, secara reasoning dan secara symbolic.

Reasoning

Kita tahu luas lapangan sepakbola dari pembahasan diatas, 100-120 meter x 65-75 meter. 22 pemain (11 pemain untuk masing-masing tim) merupakan jumlah yang sesuai dengan ukuran lapangan yang sudah ditetapkan. Dengan 11 pemain, pergerakan pemain lebih leluasa untuk menghindari tekanan dari pemain lawan seperti ketika menerima dan mengkontrol bola dan kemudian memutuskan langkah apa yang akan diambil. Jadi disini faktor penting adalah tekanan dan jarak antar pemain dengan pemain lawan. Ketika jarak terlalu dekat antar pemain maka tekanan akan menjadi intense sehingga permainan akan kehilangan tension dan terlihat membosankan.  Angka 11 merupakan jumlah pemain yang sesuai sehingga pemain dapat menerima, mengkontrol bola dan mengambil keputusan ketika pemain lawan berlari kearah pemain untuk memberikan tekanan.

Symbolic

Maksud dari symbolic disini adalah secara matematik. Menurut buku berjudul The Science of Soccer, 11 adalah jumlah pemain sepak bola yang diperbolehkan bermain untuk masing-masing tim dapat dibuktikan dengan rumus matematika.

Jika N adalah jumlah pemain yang berada dilapangan untuk masing-masing tim dan A adalah luas area lapangan, maka jumlah pemain per unit area, n, bisa di rumuskan seperti ini,

$latex n = frac {N}{A} .&s=2 $

Dengan kalkulasi sederhana, kita bisa memperkirakan jarak terdekat pemain lawan dengan rumus,

$latex d = frac {0.5}{sqrt{n}} .&s=2 $

Waktu yang dibutuhkan untuk berhadapan dengan lawan, t, adalah

$latex t = frac {d}{s} ,&s=2 $

dimana s adalah kecepatan pemain.

Jika t adalah waktu yang dibutuhkan pemain untuk menerima bola, mengkontrol bola dan mengambil keputusan langkah selanjutnya, maka dengan menggunakan hubungan masing-masing rumus kita dapat menghasilkan persamaan baru, yaitu

$latex t = frac {0.5s}{frac{sqrt{A}}{N}} ,&s=2 $

dimana,  A = Luas area lapangan.

N = Jumlah pemain per tim.

s = Kecepatan rata-rata pemain.

Kita tahu bahwa Luas area lapangan, A = 100 meter x 65 meter = 6500 m2, dan kecepatan rata-rata pemain, s= 4.572 m/s. Jadi dari persamaan diatas kita mendapatkan

$latex t approx frac {9}{sqrt{N}} . &s=2$

Ketika N = 10, t = 3 s. Tiga detik adalah waktu yang cukup bagi pemain. Satu detik pertama untuk menerima bola, satu detik kedua untuk mengkontrol bola, dan satu detik ketiga untuk melakukan pass ke rekan tim.

Jumlah 10 yang dihasilkan dari persamaan itu tidak termasuk dengan kiper, karena kiper tak membutuhkan banyak pergerakan di lapangan. Maka dari itu, kalkulasi diatas memberikan penjelasan kenapa jumlah pemain sepak bola berjumlah 11 termasuk dengan kiper.

*reference: Wesson, John. (2002). The Science of Soccer. Institute of Physics Publishing.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*