DICARI! Jose Mourinho untuk Indonesia

Suksesnya sebuah klub tak hanya dilihat dari komposisi pemain-pemainnya, ada faktor lain yang tak kalah penting, yaitu pelatih. The man behind the scene ini turut menentukan kesuksesan sebuah klub. Meskipun sebuah tim dihuni oleh banyak pemain bintang, ketidakmampuan pelatih untuk mengelola tim tersebut bisa menyebabkan keterpurukan tim, karena seorang pelatih tak hanya menangani masalah teknik, seperti latihan tendangan, dribble, dsb., melainkan juga berperan penting dalam membangun jiwa dari sebuah tim.

Jika kalian berpikir untuk berkarir menjadi pelatih sepak bola, berikut adalah lisensi yang harus kalian dapatkan untuk menjadi seorang pelatih, khususnya di Indonesia.

1. Lisensi D (Taraf Nasional)

Lisensi D adalah langkah awal untuk mewujudkan impian menjadi pelatih profesional seperti Jose Mourinho, Rafael Benitez, dll. Lisensi D bisa diperoleh setelah mengambil Kursus Lisensi D yang di selenggarakan oleh asosiasi sepak bola resmi suatu negara (tidak harus negara kewarganegaraan). Di Indonesia, PSSI dan pengurus-pengurus daerah PSSI banyak membuka kursus Lisensi D yang lama pendidikannya sekitar 5-14 hari. Pelatih yang mendapatkan Lisensi D bisa melatih klub-klub amatir, divisi rendah atau menjadi asisten pelatih di sebuah klub profesional. Syarat-syarat yang diperlukan untuk mengikuti kursus lisensi D adalah sebagai berikut:

  • Usia min. 18 tahun
  • Memiliki ijazah SMA

2. Lisensi C (Taraf Nasional/Internasional)

Lisensi C adalah langkah kedua menuju pelatih profesional. Layaknya Lisensi D, Lisensi C bisa diperoleh dari kursus Lisensi C yang juga diselenggarakan oleh asosiasi sepak bola suatu negara atau konfederasi sepak bola tingkat regional, seperti AFC untuk regional Asia. Pelatih yang mendapatkan Lisensi C dari asosiasi sepak bola suatu negara, seperti PSSI untuk Indonesia, Lisensi C-nya bertaraf nasional. Sementara, jika kalian memperoleh lisensi dari konfederasi sepak bola tingkat regional, Lisensi C-nya bertaraf internasional. Tak jauh berbeda dengan pelatih yang memiliki Lisensi D, pelatih yang memiliki Lisensi C bisa melatih klub-klub amatir, lower division (D1), atau menjadi asisten pelatih untuk klub-klub profesional. Syarat-syarat yang diperlukan untuk mengikuti kursus Lisensi C adalah sebagai berikut:

  • Usia min. 21 tahun
  • Memiliki ijazah SMA
  • Memiliki lisensi D (aktif selama 2 tahun)

 3. Lisensi B (Taraf Nasional/Internasional)

Lisensi B adalah kunci untuk membuka pintu pelatih profesional. Tak jauh beda dengan Lisensi C, Lisensi B juga diklasifikasikan menjadi dua, nasional dan internasional. Kursus Lisensi B diselenggarakan oleh asosiasi sepak bola suatu negara atau konfederasi sepak bola tingkat regional. Lisensi B, untuk tingkat Asia dikenal dengan AFC-B. Sementara untuk Eropa, UEFA-B. Pelatih yang mengantongi Lisensi B bisa melatih klub-klub profesional. Syarat-syarat yang diperlukan untuk mendapatkan Lisensi B adalah sebagai berikut:

  • Usia min. 21 tahun
  • Memiliki ijazah SMA
  • Memiliki lisensi C (aktif selama 2 tahun)

4. Lisensi A (Taraf Nasional/Internasional)

Ini adalah tahap terakhir menuju impian untuk menjadi pelatih profesional. Dengan Lisensi ini, kita bisa menjadi pelatih klub-klub profesional dan mendapatkan kesempatan untuk melatih klub-klub papan atas. Seperti Lisensi B, kursus Lisensi A juga diselenggarakan oleh asosiasi sepak bola suatu negara atau konfederasi sepak bola tingkat regional. Ada beberapa hal yang harus dicermati untuk Lisensi A. Pelatih yang memperoleh Lisensi A dari asosiasi sepak bola suatu negara, contohnya PSSI, memiliki lebih sedikit privilege di bandingkan pelatih ber-Lisensi A dari konfederasi sepak bola tingkat regional. Lisensi A yang diperoleh dari asosiasi sepak bola suatu negara dikenal sebagai Lisensi A Nasional. Pelatih ber-Lisensi A Nasional hanya bisa melatih klub-klub profesional di negaranya. Jika klub yang dilatihnya berlaga di ajang internasional atau regional seperti kejuaraan antar klub asia (AFC Championship League), mereka tak bisa mendampingi klubnya ketika bertanding, untuk bisa mendampingi sang pelatih membutuhkan Lisensi A Internasional. Lisensi yang diperoleh dari konfederasi sepak bola tingkat regional dikenal sebagai Lisensi A Internasional, AFC-A untuk tingkat Asia. Pelatih ber-Lisensi A Internasional bisa melatih klub-klub papan atas internasional tanpa dibatasi wilayah kerja. Jadi, kalau bisa mendapatkan Lisensi A Internasional akan lebih berguna untuk masa depan seorang pelatih yang memiliki visi untuk melatih klub internasional papan atas. Syarat-syarat yang diperlukan untuk memperoleh Lisensi A adalah sebagai berikut:

  • Usia min. 21 tahun
  • Memiliki ijazah Sma
  • Memiliki lisensi B (aktif selama 2 tahun)

Barbarians! Jadilah pelatih yang memiliki visi untuk membangun sepak bola Indonesia, karena saat ini tak banyak pelatih Indonesia yang memiliki kapasitas untuk memperbaiki pesepakbolaan Indonesia. So, be the one!

Untuk info lebih lanjut, follow @bolarena!

18 Comments

  1. St mau bertanya bagaimana cara untuk mengikuti kursus kepelatihan agar mendapatkan lisensi -D dan berapa biaya setiap mengikuti lisensi tersebut. Terima Kasih, sy tunggu jawapannya.

    • untuk bisa mengikuti mendapatkan lisensi D anda harus mendaftarkan diri ke kursus kepelatihan lisensi D. jika anda berhasil menjadi salah satu peserta kurusu kepelatihan lisensi D, diakhir kepelatihan anda akan medapatkan lisensi D. pendaftaran kursus kepelatihan lisensi D dibuka oleh pengurus atau cabang pengurus PSSI, masing-masing daerah memiliki tanggal pembukaan yang berbeda. biaya kurang lebih satu-dua juta rupiah sepanjang yang saya tahu.

      • Saya mau bertanya, kira-kira kapan ya PSSI mengadakan kursus kepelatihan lisensi D nasional di daerah jawa timur?

        Atau kalo ada, bagaimana kita cari tahu mengenai informasi diadakanya kursus kepelatihan, soalnya ketika saya searching di google saya tidak pernah menemukan akan diadakannya kursus, hanya berita mengenai kursus yang telah lewat waktunya.

        Mohon di balas, saya tunggu jawabannya, terima kasih.

        • Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk menyediakan informasi – informasi tersebut. Kunjungi saja terus website kami, atau follow kami di twitter, @bolarena. =)

  2. Saya mau tanya….
    cara dapat info dibukanya kursus kepelatihan lisensi D dimana ya..?

    Dari beberapa bulan yang lalu saya mencari informasi dan tidak mendapatkannya, informasi yang saya dapatkan selalu telah di tutup pendaftarannya….

    Mohon bantuannya,,,

    Terima Kasih…

  3. kalau ijazah pket C boleh gag???

    tpu koq d daerah saya gag ad tmpt pndftaran ny..
    emnk nma tmpt pndftran ny ap??

  4. Kalo untuk pelatih nasional segala level, lisensinya gimana ya?
    Boleh ga orang dengan lisensi bukan A internasional melatih timnas negaranya atau negara lain?
    Thnx.

  5. saya mau nanya nih min

    saya kan orang bogor , berarti saya ke pssi jawa barat untuk mendaftar pelatih lisensi D ?

    kalo saya ke pssi pusat di jakarta bisa gak daftar kesana jadi pelatih lisensi D ?

    mohon bantuannya , Terima kasih

    • Pendaftaran hanya bisa dilakukan saat PSSI setempat melakukan kursus tersebut. Jadi, bukan berarti mendaftar untuk menjadi pelatih, tetapi mendaftar untuk menjalani kursus kepelatihan. Tidak masalah menjalani kursus dari PSSI manapun, karena sertifikatnya diakui secara nasional. =)

  6. apakah lisensi dari eropa misalnya UEFA B bisa diperhitungkan untuk menjadi pelatih di Indonesia? Dan bagaimana proses pendaftaran menjadi pelatih tersebut? terima kasih.

  7. Kalau di padang kntor pssinya di mana ya
    Dan apa pas kursus apa saja materi yang kita dapat apakah langsung praktek atau hanya teori d dlam buku

  8. Klo saya mw aja sekolah jadi pelatih…
    Tpi masalah ny persyaratan ny rumit…
    Karna aku ijazah terakhir ny cuma SD…
    Gmna dunk gan…
    Pngn berprestasi…
    Tpi saya ga bisa berbuat apa” klo ada ijazah ny…
    Klo masalah biaya…
    Nnti saya bisa kerja di kuli” apa lah…
    Yank penting aku bisa jadi orang pelatih..
    Jadi pemain bola ga terwujud..
    Mudah” han jadi pelatih sukses….amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*