Law of The Game #3 – Jumlah Pemain

Sepakbola merupakan cabang olahraga yang sudah populer kurang lebih selama 3000 tahun. Banyak sumber-sumber yang merujuk beberapa negara sebagai tempat asal usul sepakbola ditemukan. Cina dengan “Tsu Chu”, Jepang dengan “Kemari”, Yunani dengan “Episkyros”, dan Mesir dengan permainan bola yang dimainkan oleh para wanita muda di masa Baqt III. Meskipun permainan dari keempat negara itu tak sama dengan permainan sepakbola modern saat ini, tapi permainan-permainan itu bisa disebut sebagai langkah pertama menuju permainan sepakbola saat ini. Misalnya, permainan “Tsu Chu” dimainkan menggunakan bola kulit yang dipenuhui dengan bulu-bulu yang kemudian diarahkan ke sebuah lubang kecil. Dalam permainan ini tangan tidak dibolehkan digunakan. Di Mesir, permainan yang umumnya dimainkan oleh para wanita muda Mesir ini tertera dalam sebuah gambar yang diukir di makam Baqt III, permainan ini dimainkan dengan tangan seperti gambar yang terukir dalam makam Baqt III. Sementara itu Jepang memiliki “Kemari”, permainan ini seperti pemainan “Hackeysack”. “Kemari” dimainkan antara dua sampai dua belas pemain menggunakan sebuah bola besar yang diisi dengan serbuk-serbuk kayu. Bagaimana dengan Yunani? Permainan yang mereka beri nama dengan “Episkyros” ini dimainkan dengan dua tim yang memiliki jumlah pemain yang sama dan bola dimainkan dengan cara melempar bola diatas kepala lawan sampai lawan terpojok digaris yang telah ditentukan bagi masing-masing tim.

Baqt III tombGambar yang terukir dalam Makam Baqt III.

Sejauh ini, sejarah awal sepakbola hanya membahas mengenai awal-awal permainan yang dianggap sebagai titik awal permainan sepakbola. Tapi tak banyak yang menjelaskan secara jelas berapa pemain yang diperbolehkan bermain untuk masing-masing pemain. Jadi apakah ancient sepakbola menerapkan jumlah pemain sama seperti jumlah pemain dalam permainan “Kemari” yang kurang lebih dua sampai dua belas pemain per team? Ataukah sistem permainan “Episkyros” yang mereka terapkan dengan pernyataan jumlah pemain masing-masing tim sama (jika satu tim hanya memiliki 5 pemain maka tim lawan harus bermain dengan 5 pemain atau jika sebuah tim memiliki 20 pemain maka tim lawan harus bermain dengan 20 pemain juga!). Pada Law of the Game #3, FIFA menetapkan jumlah pemain yang diperbolehkan bermain dalam sebuah pertandingan sepakbola, baik pertandingan internasional maupun lokal.

Jumlah Pemain

FIFA dalam peraturannya nomer 3, menetapkan bahwa setiap tim hanya bisa memainkan tak lebih dari sebelas pemain yang salah satunya adalah penjaga gawang. Ditambah, pertandingan tidak bisa dimulai jika salah satu tim hanya memiliki kurang dari tujuh pemain.

Jumlah Pergantian Pemain

Dalam pertandingan sepakbola Official dibawah bendera FIFA, pergantian pemain bisa dilakukan sampai tiga kali. Peraturan pertandingan atau turnamen harus menyatakan nominasi berapa kali pergantian pemain diperbolehkan dari skala tiga sampai skala maksimum dua belas kali.

Sementara dalam sebuah pertandingan lokal pergantian pemain sebanyak enam kali bisa digunakan. Jumlah pergantian pemain bisa dilakukan dalam jumlah yang lebih banyak, jika;

  1. Masing-masing tim yang bermain dalam kompetisi itu mencapai persutujuan.
  2. Keputusan ini disampaikan kepada wasit yang menjalankan pertandingan sebelum pertandingan dimulai.

Jika kedua persyaratan ini  tidak dipenuhi maka pergantian pemain sebanyak enam kali maupun dalam jumlah yang lebih besar tidak akan diperbolehkan atau tidak sah.

Prosedur Pergantian Pemain

Dalam semua pertandingan, nama-nama pemain candangan harus di informasikan kepada wasit sebelum pertandingan dimulai. Jika nama-nama pemain candangan tidak diberikan kepada wasit sebelum pertandingan dimulai, pemain-pemain itu tidak bisa diikut sertakan dalam pertandingan atau dengan kata lain pemain itu tidak bisa bermain dalam pertandingan itu.

Untuk melakukan pergantian pemain, beberapa persyaratan harus diikuti, persyaratan itu adalah:

  1. Wasit harus di informasikan sebelum pergantian pemain dilakukan.
  2. Pemain pengganti hanya bisa masuk ke dalam lapangan jika pemain yang diganti sudah keluar dari lapangan dan setelah menerima sinyal dari wasit.
  3. Pergantian pemain dianggap berhasil setelah pemain pengganti memasuki lapangan pertandingan.
  4. Pemain hanya diperbolehkan berada digaris tengah lapangan jika pemain pengganti itu masuk disaat awal babak dimulai.
  5. Seketika pemain pengganti masuk ke dalam lapangan pertandingan, pemain itu berganti status dari pemain pengganti menjadi pemain dan pemain yang diganti menjadi pemain pengganti.
  6. Pemain pengganti tidak memiliki peran lain selama pertandingan.
  7. Semua pergantian pemain berada dalam kekuasaan dan keputusan wasit apakah pemain itu diperbolehkan bermain atau tidak.

Pergantian Penjaga Gawang

Seorang pemain bisa bertukar posisi dengan penjaga gawang hanya ketika:

  1. Wasit menerima pemberitahuan sebelum pergantian atau pertukaran posisi dilakukan
  2. Pergantian dilakukan selama pemberhentian waktu

Pelanggaran dan Sanksi

Jika pemain pengganti atau pemain yang diganti memasuki lapangan pertandingan tanpa izin wasit:

  1. Wasit berhak memberhentikan pertandingan, meskipun pemain itu tidak menggangu laju pertandingan saat itu.
  2. Wasit meberikan peringatan terhadap perlakuan tak sportif dan menyuruh pemain itu untuk keluar dari lapangan pertandingan.
  3. Jika wasit memberhentikan pertandingan saat itu, maka permainan dilanjutkan kembali dengan melakukan indirect kick bagi tim lawan di posisi dimana bola terakhiberada ketika pertandingan diberhentikan.

Jika nama pemain pengganti masuk menggantikan salah satu nama-nama pemain yang diserahkan untuk menjadi starting eleven di awal pertandingan dan perubahan ini tidak diberitahukan kepada wasit:

  1. Wasit memperbolehkan nama pemain pengganti yang masuk untuk melanjutkan pertandingan.
  2. Tidak ada sanksi kedislipinan bagi pemain pengganti yang masuk ke dalam pertandingan.
  3. Jumlah pergantian pemain tidak berkurang.
  4. Wasit melaporkan kejadian ini kepada badan atau lembaga yang bertanggung jawab.

Jika seorang pemain bertukar posisi dengan penjaga gawang tanpa ijin dari wasit sebelum perubahan terjadi:

  1. Wasit memperbolehkan pertandingan untuk terus berlanjut.
  2. Wasit memberikan peringatan kepada pemain bersangkutan ketika bola berada diluar lapangan.

Pemain dan Pemain Pengganti yang dikeluarkan

Seorang pemain yang masuk starting eleven yang dikeluarkan atau dikartu merah oleh wasit sebelum tendangan kick-off, bisa diganti dengan salah satu pemain pengganti.

Sementara itu, pemain pengganti yang dikeluarkan oleh wasit sebelum kick-off tidak bisa diganti dengan nama pemain lainnya.  

[box type=”info” align=”alignleft” ]

Seri Law of The Game:

Perkenalan

Law of the Game #1 – Lapangan Bola

Law of the Game #2 – Bola Sepak

Law of the Game #3 – Jumlah Pemain

[/box]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*