Super Power Soccer Boots

Super power soccer boot

Sejauh ini banyak sekali inovasi baru yang membuat gaya hidup kita lebih mudah. Dengan kemajuan pesat teknologi apa yang dulunya impossible menjadi sesuatu yang simple. Kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor kemajuan pesat inovasi sepatu bola. Banyak sekali pilihan sepatu bola untuk para konsumen. Pernah denger kan Nike Mercurial Vapor, yang diproduksi dengan feature enhanced-perfomance, yang membuat speed sang pemakai sepatu bertambah, atau sepatu bola yang menjanjikan kalian shoot power dan strength meningkat. Pernah ga sih pada penasaran gitu, kok bisa sih sepatu bisa nambah shoot power atau bikin sang pemakai jadi tambah cepet larinya? Emang sepatu mereka ada chips-nya yang merangsang syaraf otot kaki mereka supaya bekerja maksimal atau sepatu mereka dipasang alat teknologi seperti power technology atau turbo boost kayak sepatu yang dipakai Conan dalam anime Detective Conan. Bisa aja nih! Kebanyakan nonton kartun. Oet… bentar dulu. Dengan kemajuan teknologi secepat ini, hal diatas bisa diproduksi. Tapi sampai saat ini belum ada Vendor yang memproduksi sepatu bola dengan memasang chips, yang ada adalah sepatu hasil Technology dan Science.

Ukuran sepatu, bahan materi dan design, stud, sole/insole dan warna adalah 5 point penting yang akan kita bahas untuk membuat sepatu kita menjadi “Super Power”. Tetapi sepatu memiliki design yang berbeda-beda sesuai dengan feature yang ingin di-improve. Kita bakalan bahas satu persatu point itu dan point-point mana saja yang cocok buat ningkatin accuracy/power, touch/heritage dan speed.

Ukuran Sepatu

Ukuran sepatu adalah point pertama untuk menjadikan sepatu anda menjadi “Super Power Boot”. Para pemain sepak bola profesional seperti David Beckham, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo memiliki sepatu khusus yang di design sesuai dengan ukuran kaki mereka. Apa sih pentingnya ukuran sepatu dengan kaki kita? Ukuran sepatu penting sekali untuk mencegah dan mengurangi cedera pada kaki. Ukuran kaki kita bisa bertambah tetapi ga bisa berkurang. Pertumbuhan ukuran kaki cepat terjadi pada orang yang berumur relatif muda. Saya yakin pasti hampir semua para pembaca mengalami pengalaman ketika orang tua kita membelikan sepatu yang berukuran besar dibandingkan ukuran kaki kita. Tau kenapa? Orang tua kita tahu kalau kaki kita akan bertambah besar, jadi mereka tak perlu membelikan sepatu baru ketika kaki kita bertambah besar dan hemat uang. Tetapi pola pikir inilah yang dapat mengakibatkan kaki pengguna sepatu rawan dengan cedera. Ketika kita memakai sepatu bola yang berukuran besar dengan kaki kita, ini menambah potensi cedera kaki dan ankle. Tak hanya itu, sepatu bola berukuran besar mengurangi kontrol bola kita. Itu juga berlaku untuk pengguna sepatu bola yang berukuran kecil. Konsekuensinya sama dengan kita memiliki sepatu ukuran besar, potensi cedera. Yuk telurusi sama-sama penyebab cedera ketika kita memakai sepatu berukuran besar atau kecil! Faktor utama penyebab cedera terletak antara hubungan kaki dengan Stud (pul sepatu). Stud di design untuk men-support kaki kita ketika berada di lapangan. Kalian akan sadar ketika kalian melihat letak stud di sepatu bola kalian berbeda-beda sesuai dengan jenis sepatu dan lapangan. Produsen sepatu bola ga naruh Stud di sembarang tempat di sepatu bola atau hanya untuk sekedar style. Stud di taruh sesuai dengan titik-titik tertentu di kaki kita untuk membantu perfomance dan kenyamanan kaki sang pengguna. Pernah tau accupunture kan, di tubuh kita terdapat titik-titik yang bisa membuat tubuh kita sehat. Itu pun salah satu tujuan meletakkan stud di titik tertentu di kaki kita. Jadi kalau kita punya sepatu yang berukuran besar atau kecil, tulang kaki kita ga akan proporsional dengan letak stud sepatu bola kitayang menyebabkan tulang kaki kita mendapat tekanan besar dan konsekuensinya adalah cedera kaki. So, penting sekali memilih sepatu bola yang memiliki ukuran “fit” dengan kaki kita, tak hanya mengurangi potensi cedera tetapi meningkatkan perfomance, seperti ball control, speed,dan power.

Materi bahan sepatu dan design

Kulit adalah bahan yang populer digunakan untuk membuat sepatu bola. Sejak pertama kali sepatu bola di buat sampai sekarang, kulit menjadi bahan favorit dan populer di kalangan pen-design sepatu bola. Tau alasannya? Kulit menambah gaya gesek sepatu bola dengan bola, kenyamanan kaki, ketahanan akan segala medan dan ball natural feel. Contohnya Adipures produksi Adidas dan Nike Legend produksi Nike. Kedua vendor itu memakai kulit kangoro untuk sepatu bola yang mereka produksi. Kulit kangoro di percaya dapat meningkatkan touch/heritage (sentuhan) karena ringan, ketahanan,dan kenyamanannya. Tetapi, hampir semua bahan kulit memiliki berat yang cukup besar apalagi ketika hujan atau meresap air. So, pikirkan lagi kalau mau membeli sepatu bola dengan bahan kulit.

Bahan materi kedua adalah Carbon. Nike menggunakan bahan ini untuk memproduksi Nike Mercurial Vapor karena ringan dan tahan lama. Oleh karena itu, Nike Mercurial Vapors di design untuk para pemain bola yang memiliki dan menginginkan speed mereka lebih optimal. Banyak pemain bola profesional yang memakai sepatu Nike Mercurial Vapor seperti Cristiano Ronaldo, Ronaldo, Lionel Messi.

bersambung ke sini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*