Tujuh Belas Peraturan FIFA (Law of The Game)

Peraturan dibuat bukan untuk dilanggar tetapi untuk mengatur supaya interaksi sosial menjadi lebih teroganisir dan teratur tanpa menindas hak asasi siapapun. Sama halnya dengan peraturan-peraturan FIFA yang dikenal dengan Law of The Game. Peraturan ini tidak dibuat untuk menyemangati pemain untuk bermain kasar ataupun curang melainkan untuk mempermudah jalannya permainan dan menambah excitement para pemain dan penonton baik ketika bermain maupun menonton jalannya pertandingan. Di salah satu artikel saya, saya sudah pernah membahas mengenai Law of the Game nomer 11, yaitu Offside. Terdapat 17 peraturan yang dibuat oleh FIFA dan peraturan ini hampir mencakup semua poin dalam permainan sepakbola, agar permainan lebih teratur, terorganisir, dan menyenangkan.

17 Law of the Game terlihat tampak seperti hal yang sepele, seperti peraturan standardisasi ukuran lapangan sepakbola, bola, jumlah pemain yang dibolehkan bermain, lemparan ke dalam dan keluar, offside, dll. Walaupun terlihat mendasar, tetapi peraturan ini sangat vital dan essential. Coba Barbarians bayangkan zaman pesepakbolaan saat lapangan belum distandardisasikan atau peraturan offside belum diberlakukan. Para pemain striker banyak yang ber”telur” di dekat gawang lawan menunggu datangnya umpan dari pemain tim dan banyak gol yang akan dihasilkan. Bukti yang lebih konkrit terdapat pada kasus piala dunia tahun 1930 antara Argentina dan Uruguay, yang hasil pertandingannya dipengaruhi oleh bola yang digunakan oleh kedua belah pihak. Pada saat itu kedua negara menggunakan bola yang berbeda ukuran, maka diputuskan untuk menggunakan bola yang berbeda di babak pertama dan kedua!

Peraturan mencakup 17 poin yang dianggap sangat dasar, penting, dan berperan besar dalam laju permainan. 17 Law of the Game itu terdiri dari:

  1. Lapangan Permainan
  2. Bola
  3. Jumlah pemain yang bermain
  4. Perlengkapan para pemain
  5. Wasit
  6. Asisten wasit
  7. Durasi pertandingan
  8. Proses memulai dan melanjutkan pertandingan
  9. Bola keluar dan masuk dalam pertandingan
  10. Metode mencetak gol
  11. Offside
  12. Pelanggaran dan perlakuan buruk
  13. Tendangan bebas
  14. Tendangan penalti
  15. Lemparan ke dalam
  16. Tendangan Gawang
  17. Tendangan sudut

Ke-17 peraturan ini sangat penting untuk memulai seseorang menjadi pecinta dan penggemar sepakbola. Jangan pernah bilang kalau Barbarians adalah pecinta sepakbola kalau tidak tahu ke-17 hal yang mendasar ini. Barbarians, jadilah pecinta sepakbola yang punya akar dan pondasi dasar yang kuat.

[box type=”info” align=”alignleft” ]

Seri Law of The Game:

Perkenalan

Law of the Game #1 – Lapangan Bola

Law of the Game #2 – Bola Sepak

Law of the Game #3 – Jumlah Pemain

[/box]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*